Laman

Cari Blog Ini

Sabtu, 24 Agustus 2019

Mabouya multifasciata (Condrokusumo, 1983). willy ekariyono



Kadal adalah hewan yang termasuk kelompok reptil. Dicirikan dengan sisik-sisiknya yang berbentuk membulat, mengkilat, licin seperti berminyak, mulus, yang terbangun dari zat tanduk.

Tubuh reptil ini terdiri dari kepala, leher, badan, dan ekor. Terdapat sepasang mata terletak pada bagian dorsolateral. Masing-masing mata memiliki dua pelupuk yang dapat digerakkan dan terdapat membran niktitans yang transparans, terletak pada ujung anterior mata. Membran ini  berfungsi untuk membersihkan kornea pada saat diperlukan. Pada bagian sisi lateral terdapat celah  dangkal  berbentuk oval yang merupakan lubang telinga luar.

Kadal termasuk hewan yang berdarah dingin, sering terlihat berjemur untuk menhangatkan suhu tubuhnya.



Reptil ini dapat di temukan hampir di lubang tanah, dan tempat-tenpat yang kering ,di perairan di daratan di pepohonan. Namun kebanyakan kadal tinggal di atas tanah (terestrial), sementara sebagiannya hidup menyusup di dalam tanah gembur atau pasir (fossorial).

Sebagai predator yang sering menyergap, kadal sangat aktif menjelajahi lingkungannya untuk mencari mangsanya. Seperti; serangga (nyamuk, lalat, ngengat dan kupu-kupu, berbagai tempayak serangga), cacing tanah, kodok dan reptil yang lain yang berukuran lebih kecil.

Kadal sangat menyukai daerah yang bersemak dan berumput. Saat suhu lingkungan mulai mendingin (malam), kadal akan memasuki lapisan serasah, timbunan kayu atau tumpukan batu.  

Tidak ada komentar: