Laman

Loading...

Cari Blog Ini

Jumat, 26 Agustus 2011

Ruang Terbuka Hijau - Jakarta dan Sekitarnya (we-01)
oleh Willy Ekariyono (Aug 2011)




Ruang terbuka hijau di kawasan padat pemukiman atau sebut sajalah ibukota Jakarta, merupakan suatu kawasan yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat penghuni perkotaan. Mengapa? Saat ini terlalu banyak permasalahan lingkungan yang muncul, sehubungan dengan kondisi iklim yang makin panas.

Banyak literatur yang menyebutkan manfaat dari fungsi hutan. Khususnya Jakarta, ternyata masih sdikit memiliki hutan kota dan lokasi keberadaannya sangat terbatas. Padahal masyarakat kota Jakarta sangat sekali membutuhkan kawasan hutan kota, terutama untuk dapat membantu dalam mengendalikan ekosistem kota sehingga dapat tercipta kondisi lingkungan yang mendukung kehidupan masyarakat kota. Keterbatasan kawasan hutan kota di berbagai kota di Indonesia sering dikalahkan dengan kepentingan laju perekonomian.

Ironis, antara pembangunan dan pemanfaatan fungsi hutan kota (sebagai pengatur tata air, siklus iklim dan cuaca berupa suhu dan kelembaban udara bagi kenyamanan, jasa wisata/rekreasi alam dan lain2 yang dapat dimanfaatkan secara terkendali untuk kesejahteraan masyarakat juga pada akhirnya.

Bersambung .................


Tidak ada komentar: